Senin, 22 Desember 2014

Assalamualaikum. Wr. Wb.  SALAM SEJAHTERA, untuk brother dan sister satu aspal. Yang jalanannya belum diaspal mohon maap, engga maksud menghina. Piss~



 Hari ini gue mau share tips riding ala gue untuk perjalanan jauh. Kebetulan atau engga, gue emang demen riding jauh naik motor (Soalnya cuma punya motor), dan pengalaman udah ngajarin gue beberapa hal sehingga mungkin gue bisa share beberapa tips supaya ente-ente yang mungkin jarang atau malah baru pertama kali riding jauh naik motor bisa sedikit terbantu.

 Oke, Check this out broo~




TIPS  UTAMA:



1.       PELAJARI JALUR YANG AKAN DILEWATI
 Yap, penting nih. Misalkan ente dari Tangerang mau pergi ke Bali, otomatis ente harus tau gimana cara ke pelabuhan ketapang dulu, dan ente harus tentuin jalur mana yang ente pilih. Anggap aja ente pilih jalur pantura (jalur yang paling umum buat sang awam), ente pelajarin tuh jalur pantura keadaannya gimana, daerah rawannya dimana, daerah yang paling pas buat beristirahat dimana.
 Cara gampangnya, biasanya sih gue buka applikasi maps (apaan ajalah, maps google juga gapapa), cari tau daerah mana  aja yang akan gue lewatin. Abis itu gue tentuin gue harus istirahat dijarak berapa aja, kan otomatis ketemu tuh di daerah mana aja gue harus istirahat. Nah, setelah itu baru gue pelajarin daerahnya lewat googling. Jadi gue tau, gue lebih aman berhenti di restoran atau pom bensin mana di daerah itu. As simple as that bro.


2.       PERSIAPKAN KEADAAN FISIK ENTE DAN SI KUDA BESI
 Dalam menghadapi perjalanan jauh, jangan disamain sama jalan sehari-hari bro. Ente harus maksimal, dari segi fisik ente sendiri, dan fisik motor ente. Gue yakin, ngga ada orang yang mau kena musibah kan dijalan? Percaya deh, persiapan fisik ente dan motor yang maksimal bisa mengurangi resiko musibah dijalan!
 Pada dasarnya sih yang penting, cukup istirahat sebelum bepergian jauh, kalo standar gue sendiri gue kasih batas minimum gue harus tidur sebelum riding jauh itu 8 jam. Supaya apa? Gue bisa maksimal diperjalanan sebelum titik peristirahatan gue yang pertama, juga mengurangi waktu istirahat gue, jadi ya sedikit bisa mengkonversi waktu tempuh laaaaah, dikiiiit~ Dan yang pasti gue harus bener-bener pastiin kalo gue lagi dalam keadaan sehat. Oiya, ngga kalah penting, jangan memaksakan fisik dijalan bro, begitu kerasa banget lelahnya, jangan ragu buat beristirahat sejenak!!
 Nah, kalo buat si motor, usahakan sehari sebelum riding jauh motor ente dibawa ke bengkel buat check kondisinya. Cek kondisi ban,bersihin karburator, cek pengapian, kelistrikan, fungsi rem, ganti oli, dan lain lain sampai motor ente dalam keadaan sehat. Biasanya sih gue selalu bawa toolbox standar(Konci L all size, Ring 17-19, 12-10, 8-10, pas 14-17, kunci busi, obeng 2 mata) dan sparepart-sparepart kecil yang kemungkinan bisa trouble mendadak, seperti busi, sekring, baut baut kecil ukuran 10 sampe 14, sama lampu depan. Biar lebih maksimal dan pede dijalan brooh.


3.       PERSIAPKAN BARANG BAWAAN DENGAN MATANG
 Nah bro, saat motor dan fisik udah siap buat riding, dan jalur perjalanan udah dipikirin dengan sempurna, jangan dirusak dengan barang bawaan yang ngga relevan. Utamakan barang barang yang sekiranya sangat penting, dan sebisa mungkin kurangi barang bawaan berlebih. Kalo motor ente full box kiri kanan belakang sih sah sah ajaaa barang banyak taruh dibox, tapi kalo pakai ransel atau tas travel, mendingan dikurang-kurangin deh bro. Kelelahan karena barang bawaan juga bahaya terutama buat yang pake ransel, sukur-sukur kalo barang bawaan ngga bikin tulang belakang ente cidera, nah kalo cidera dijalan? Waduuuuuuh amit amiiit bro, jangaan sampeee!!
 Jadi, gue saranin untuk pilah pilih barang bawaan dengan matang, pikirkan mana barang prioritas, mana barang yang masih bisa ditinggal.


4.       JAGA SIKAP DIJALAN, DAN DI DAERAH ORANG
 Inget gan, sekali lagi, perjalanan jauh jangan disamakan sama perjalanan sehari-hari. Ente mungkin biasa menghadapi gaya mengemudi supir bajaj sama metromini di Jakarta, tapi jangan disamain sama menghadapi gaya pengendara-pengendara di daerah, apalagi truk truk pantura, wooooh. Musti jaga jaga sikap bro, sama sabar-sabar dijalaan.
 Jaga sikap di daerah orang juga sangat penting broo,  jangan terlalu feels like home. Emang sih beberapa tempat ngga terlalu sensitif sama sikap, tapi percayalah ada beberapa daerah yang menjaga kelestarian adatnya sangat ketat, sehingga mereka jadi sensitif sama sikap yang mereka anggap tidak baik bagi adat mereka.




TIPS TAMBAHAN



1.       BAWA ALAT JAGA DIRI
 Sebenernya ini cuma buat jaga-jaga diri ajaa, manatau dijalan ada keadaan yang engga kita harapkan, right?
 Sssttt, biasanya kalo riding jauh gue selalu selipkan pisau lipat kecil di gesper atau di kaos kaki. Tapi sekali lagi, INI CUMA BUAT JAGA DIRI, JANGAN DI-SALAH-GUNAKAN!


2.       JANGAN LETAKAN UANG DAN BARANG BERHARGA DI SATU TEMPAT
 Kalo tips yang ini special gue dapet dari nyokap :D
Jadi biasanya gue kalo riding jauh, dompet dan smartphone gue taruh di tas utama dan gue selipkan di antara baju dan ngga akan gue buka sebelum sampe ditujuan. Misalnya gue bawa uang cash 1jt, nah rumusnya ini :

                                30% + 20% + 20% + 20% + 10%

 Ini artinya, di dompet gue isi 300rb, di kantong jaket gue isi paling sedikit, cuma 100rb buat beli jajan saat gue istirahat, nah dibawah jok motor gue taruh 200rb special buat budget bensin, terus 200rb gue taruh ditas yang berbeda dari lokasi dompet, nah 200rb terakhir gue taruh ditas paha kecil yang selalu gue bawa buat pegangan kalo uang bensin atau uang jajan kurang. Pas udah sampe tujuan, baru deh gue satuin lagi sambil dihitung-hitung. Lumayan efektif bro buat jaga jaga sama buat penghematan J


3.       PILIH PILIH TEMPAT JAJAN
 Tips ini sih cuma pendapat pribadi gue bro, tapi ya apa salahnya kalo gue share ya kan?
Biasanya tempat yang paling umum istirahat itu pas ngisi bensin, pasti banyak tukang jajanan disekitaran pombensin dijalur antar kota antar propinsi. Tapi kalo gue biasanya lebih prefer cari tempat yang harganya pas gan, minimarket gitu laaah. Apalagi kan gampang banget tuh nyari Alf*mart atau Ind*maret jaman sekarang, lebih bisa dikontrol aja menurut gue dari segi budget.
 Psstt, kalo emang jajan di tempat jajanan biasa, usahakan tanya dulu harganya! Pengalaman di salah satu warung di pom bensin daerah cilacap, gue beli Aqu* botol sama rokok G*dang G*ram Filter totalnya 27ribu. Aqu* botol nya 7ribu, rokoknya 20rb. WTF banget ngga?! Tapi mau ngga mau harus bayar karena  Aqu* udah diminum, dan rokoknya udah dibuka. Mau ente ngerasain kaya gitu? Pedih sob~
Ya tapi ini sih tips tambahan ajaaa, barangkali ente sejalan sama pikiran gue :D






 Yah, itu aja kayanya yang mau gue share saat ini. Semoga bermanfaat bro and sist sekalianJ



SALAM SATU ASPAL (B 6463 VIN)


Sabtu, 20 Desember 2014


SALAM SEJAHTERA, untuk brother dan sister satu aspal. Yang jalanannya belum diaspal mohon maap, engga maksud menghina. Piss~



Pertama-tama (berasa penting), gue mau ngucapin terima kasih atas perhatiannya, semoga apa yang di share disini bermanfaat untuk kita semua. Silahkan dibaca-baca #nyeduhkopi 



SAFETY RIDING,
Siapa sih yang engga  kenal bahasa ini? Gue yakin pasti kenal semua, lha wong ini sering banget di ‘omongin’  di tipi-tipi, apalagi acara-acara tipi yang berbau otomotif. Nah, ini juga merupakan sebuah ilmu penting dalam rangka menyelamatkan generasi muda dari virus ‘mati sia-sia’ yang umumnya menyerang kaum remaja, orang-orang dengan pendidikan berkendara yang kurang, atau orang yang dengan sengaja membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, gue disini sebagai seorang yang peduli betul tentang keselamatan diri di jalan, mersasa ikut bertanggung jawab untuk saling berbagi ilmu tentang berkendara yang aman itu sendiri. Bukan bermaksud sok paham, tapi yang gue tau, berbagi ilmu itu dapet pahala J
Oke, this is it….halaaah~




    Apa sih Safety Riding itu?
·         Safety Riding, adalah sebuah ilmu, sifat, dan gaya berkendara yang aman. Memikirkan keselamatan diatas segalanya, menaati rambu dan etika berlalu-lintas, memakai peralatan dan perlengkapan yang sesuai standard keamanan, serta mengesampingkan egoisme.



 Di Kota-kota besar di Indonesia, sepeda motor mungkin sudah tidak asing lagi untuk kita semua. Setiap rumah pasti punya sepeda motor untuk  keperluan sehari-hari, dan sekarang mungkin sudah jadi kebutuhan primer untuk kalangan yang mobilitasnya konstan.
Namun, berapa persentase yang menerapkan Safety Riding dari sekian banyak pengguna sepeda motor tersebut? Berikut hasil Survey pribadi gue.
-          Jl.Daanmogot (Terminal Kalideres) pukul 07.18
Kronologi dan Script nya, gue berhenti disebuah warung sambil menikmati minuman dingin.
Penilaian gue ambil acak setiap 10 motor yang gue lihat. Survey berjalan sekitar 45 menit, dengan koresponden acak sekitar lebih dari 100 motor bergantian (diambil rata-rata)



HASILNYA            :
1.       5 dari 10 Biker menggunakan helm tidak standar
2.       5 dari 10 Biker tidak dilengkapi perlengkapan berkendara yg aman
3.       2 dari 10 Biker tidak melengkapi kendaraannya dengan spion
4.       8 dari 10 Biker tidak menggunakan isyarat/lampu sign saat berpindah lajur.
5.       9 dari 10 Biker melanggar Lampu Merah (Lampu Merah terminal Kalideres)
6.       2 dari 10 Biker tidak berkonsentrasi dalam berkendara (merokok & menelpon)
7.       4 dari 10 Biker melanggar jalur (lewat jalur transjakarta Busway)
8.       2 dari 10 Biker tidak menyalakan lampu utama

Nah, itu tadi diatas hasil survey pribadi gue, tapi maaf ngga pake pict. Tapi tenang aja, semua ini bukan HOAX semata. Ente ngga percaya? Let’s proof it, nanti kita survey bareng-bareng buat yang ngga percaya, email aja:D
Oke skip, mari kita lanjut bahas satu  persatu.


1.       5 dari 10 Biker menggunakan helm tidak standard
Sangat disayangkan, kepala hanya dihargai sebuah helm kualitas rendah. Kepala anda itu
asset pak, masa segitunya lebih sayang uang 200rb daripada kepala? Setidaknya pakailah helm yang memang sudah terkenal memenuhi standard keamanan minimal SNI,tapi lebih bagus lagi bila ber-standard DOT / SNELL. Sedikit contoh : INK, KYT, GM, NHK, MDS, NOLAN, SHOEI, AGV, dll. Memang sedikit lebih mahal, kisaran harga 150rb s/d jutaan. Tapi gue rasa ini sepadan lah dengan fungsinya, rela nyimpen 150rb tapi gegar otak?  Mutlak demi keselamatan!

2.       5 dari 10 Biker tidak dilengkapi perlengkapan berkendara yg aman
Dalam hal ini, sepatu. Banyak biker yang gue lihat masih pakai sandal jepit polos yang kurang aman. Bayangkan bila anda (amit-amit) kecelakaan ringan, kaki yang seharusnya bisa lebih terlindungi malah jadi terluka parah, bahkan beberapa kasus sampai amputasi jari karena ketika terjatuh, jari kakinya terselip ke salah satu bagian motor. Kebetulan, ini pengalaman kawan sendiri, Aditya Rahmat (24).

3.       2 dari 10 Biker tidak melengkapi kendaraannya dengan spion
Sangat tidak direkomendasikan, spion adalah alat bantu yang cukup penting. Anda ingin berpindah jalur? Sempatkanlah melihat spion walaupun hanya se-per-sekian detik. Setidaknya anda punya bayangan keadaan di belakang. Pikirkan peluang dan resiko setelah anda melihat spion, memungkinkan atau malah membahayakan diri sendiri dan oranglain?

4.       8 dari 10 Biker tidak menggunakan isyarat/lampu sign saat berpindah lajur.
Ini juga sama berbahaya seperti point nomor 3, apa sulitnya menyalakan lampu sign? Hellloooooooo…… Nyalain lampu sign ngga perlu muter turbin, tinggal pencet aja bro, jangan males-males lah! Lampu sign mati? Dalam keadaan terpaksa tanpa lampu sign, setidaknya berilah tanda kepada kendaraan dibelakang atau didepan ente supaya mereka tau ente mau bergerak kemana .

5.       9 dari 10 Biker melanggar Lampu Merah (Lampu Merah terminal Kalideres)
Kalo buat yang ini ane angkat tangan deh, di Jakarta, khususnya di lampu merah  kalideres, ini sih udah jadi pemandangan harian.
Sedikit share pengalaman, ane pernah mau di tonjokin sama oknum P*lisi Milit*r yang mengendarai kendaraan non-dinas gara-gara ane berhenti saat lampu merah, beliau ngotot nyuruh ane jalan tapi ane ngga mau, akhirnya motor ane di pukul dan doi ngomel-ngomel sambil narik kerah  jaket ane. Untungnya gue kalem, malu sama atribut kalo bikin rusuh. Makna dari kejadian ini Cuma 1, ‘Aneh kan?’.
Entah para biker yang kurang peduli keselamatan, atau penegak hukum yang kurang tegas. (Kebetulan pada saat survey, di lampu lalulintas berdiri tegap seorang Polantas tapi tak menghiraukan pelanggar-pelanggar tsb)

6.       2 dari 10 Biker tidak berkonsentrasi dalam berkendara (merokok & menelpon)
Ada telpon urgent? Mulut kelewat asem? Emang ente seberapa jauh dari bahu jalan? Lebih baik menepi sebentar kalo emang ada telpon penting, jangan ngangkat telpon sambil riding, apalagi texting sambil riding. MENEPILAH SEBELUM ANDA TERGELETAK DITEPI.

7.       4 dari 10 Biker melanggar jalur (lewat jalur transjakarta Busway)
Godaan terberat nih, gue akuin. Siapa sih yang ngga tergoda kalo lagi buru-buru, dihadang macet, ngeliat jalur transjakarta busway berasa jalan keluar yang diberikan Tuhan yang sayang banget kalo ngga kita manfaatkan~
Tapi ayooolaah, kan udah ada undang-undang nya di PerDa, turutin ajaa. Hukum sama undang-undang (biasanya) diciptakan untuk mengatur dan menciptakan ketertiban kok.

8.       2 dari 10 Biker tidak menyalakan lampu utama (Pagi Hari)
Kalo yang ini sih mungkin cuma lupa, atau memang lampunya lagi rusak dan belum sempet dibenerin. Ngga terlalu berdampak sama safety riding sih menurut gue, cuma karena udah ada UU nya ya marilah ditaati, engga mau ketilang kan?
Tapi beda situasi ya kalo malem hari, WAJIB KUDU MUSTI nyalain lampu!






 Yah, itu aja kayanya yang mau gue share saat ini. Ayoooo jadi pelopor keselamatan berlalu lintas!! Bukan buat Polisi, bukan buat Negara, buat ente sendiri broooooh. Ingat, keluarga menanti dirumah J




SALAM SATU ASPAL (B 6463 VIN)


Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!